RPS Hadits Prodi TBI smt 3 STAIN Pamekasan 2016/2017

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
Semester Gasal 2016/2017
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN

A. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Hadits
Kode/Bobot : ENG 205/2 SKS
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/TBI
Disajikan Pada Jenjang : S1
Jenis Kompetensi : MKU (Mata Kuliah Umum)
Nama Dosen Pengampu : Akh. Syaiful Rijal, S.Th.I., M.Pd.I.

B. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji tentang hadis-hadis yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, metode pendidikan, etika hubungan guru dan murid, pendidikan diri, pendidikan anak, pendidikan keluarga, dan pendidikan masyarakat.

C. Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan mengimplementasikan hadis-hadis yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, metode pendidikan, etika hubungan guru dan murid, pendidikan diri, pendidikan anak, pendidikan keluarga, dan pendidikan masyarakat.

D. Kompetensi Dasar
Mahasiswa mengetahui :
1. Metodologi dan ruang lingkup hadits
2. Hadis 1: Kewajiban menuntut ilmu
3. Hadis 2: Tujuan mencari ilmu
4. Hadis 3: Keutamaan orang yang berilmu
5. Hadis 4: Kewajiban orang tua terhadap anak
6. Hadis 5: Kewajiban anak terhadap orang tua
7. Hadis 6: Metode pendidikan Islam
8. Hadis 7: Materi pendidikan Islam
9. Hadis 8: Etika guru terhadap murid
10. Hadis 9: Etika murid terhadap guru
11. Hadis 10: Pendidikan anak
12. Hadis 11: Pendidikan remaja
13. Hadis 12: Pendidikan keluarga
14. Hadis 13: Pendidikan masyarakat

E. Evaluasi
1. Ujian Formatif (UTS)
2. Ujian Sumatif (UAS)
3. Presensi
4. Etika
5. Keaktifan atau partisipasi dalam kelas
6. Tugas personal atau kelompok
F. Rencana Pembelajaran

Minggu Ke Waktu (Menit) Materi Pokok Sub Materi Pokok Bentuk Pembelajaran
1 100 Kontrak kuliah dan Metodologi hadits a.       Kotrak kuliah

b.      Pengertian hadis

c.       Macam-macam hadis dan kriteria penilaiannya

d.      Metodologi hadits tarbawi

Ceramah

Diskusi

Book Review

2 100 Hadis 1: Kewajiban menuntut ilmu a.       Terjemah hadis 1: Kewajiban berbuat baik pada orang tua

b.      Analisis dan pemahaman hadis 1

Ceramah

Diskusi

Book Review

3 100 Hadis 2: Tujuan mencari ilmu a.       Terjemah hadis 2: Tujuan mencari ilmu

b.      Analisis dan pemahaman hadis 2

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

4 100 Hadis 3: Keutamaan orang yang berilmu a.       Terjemah hadis 3: Keutamaan orang yang berilmu

b.      Analisis dan pemahaman hadis 3

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

5 100 Hadis 4: Kewajiban orang tua terhadap anak a.       Terjemah hadis 4: Kewajiban orang tua terhadap anak

b.      Analisis dan pemahaman hadis 4

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

6 100 Hadis 5: Kewajiban anak terhadap orang tua a.       Terjemah hadis 5: Kewajiban anak terhadap orang tua

b.      Analisis dan pemahaman hadis 5

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

7 100 Hadis 6: Metode pendidikan Islam a.       Terjemah hadis 6: Metode pendidikan Islam

b.      Analisis dan pemahaman hadis 6

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

8 100 Ujian Formatif (UTS) Ujian Formatif (UTS) Open book
9 100 Hadis 7: Materi pendidikan Islam a.       Terjemah hadis 7: Materi pendidikan Islam

b.      Analisis dan pemahaman hadis 7

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

10 100 Hadis 8: Etika guru terhadap murid a.       Terjemah hadis 8: Etika guru terhadap murid

b.      Analisis dan pemahaman hadis 8

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

11 100 Hadis 9: Etika murid terhadap guru a.       Terjemah hadis 9: Etika murid terhadap guru

b.      Analisis dan pemahaman hadis 9

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

12 100 Hadis 10: Pendidikan anak a.       Terjemah hadis 10: Pendidikan anak

b.      Analisis dan pemahaman hadis 10

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

13 100 Hadis 11: Pendidikan remaja a.       Terjemah hadis 11: Pendidikan anak

b.      Analisis dan pemahaman hadis 11

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

Evaluasi materi

14 100 Hadis 12: Pendidikan keluarga a.       Terjemah hadis 12: Pendidikan keluarga

b.      Analisis dan pemahaman hadis 12

–     Every one is a teacher here

–     Small group discussion

–     Participative debate

–     Evaluasi materi

15 100 Hadis 13: Pendidikan masyarakat a.       Terjemah hadis 13: Pendidikan masyarakat

b.      Analisis dan pemahaman hadis 13

Ceramah

Diskusi

Book Review

16 100 Ujian Sumatif (UAS) Ujian Sumatif (UAS) Closed book

G. Bobot Penilaian
• Performance (15%)
• Akhlak Mulia (15%)
• Penugasan (15%)
• Kedisiplinan (10%)
• Ujian Formatif (20%)
• Ujian Sumatif (25%)
H. Buku Acuan

1. Abu Abd al-Rahman Ahmad bin Syu’aib al Nasa’i, Sunan al Nasa’i
2. Abu Isa Muhammad bin Isa al-Turmudzi al-Silmi, Sunan al Turmudzi.
3. Ibn Majah, Sunan Ibn Majah
4. Abu Daud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud
5. Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari
6. Muslim bin al-Hijaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim
7. Imam Nawawi, Riyadlus Shalihin
8. Ibn Hajar al Asqalani, Bulugh al-Maram min Adillatil Ahkam
9. Jalaluddin Al Suyuthi, al Jami’ al Shaghir.
10. Alawi Al Maliki. 2002. Prinsip-prinsip Pendidikan Rasulullah. Jakarta : Gema Insani Press
11. Aminah Abd. Dahlan. 1981. Hadis Arba’in al-Nawawiyah. Bandung : Al Ma’arif
12. M. Thalib. 1995. 25 Asas Islami Mendidik Anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
13. M. Thalib. 1995. Praktek Rasulullah Mendidik Anak. Bandung : Irsyad Baitussalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s